Tips Kesehatan

Rabu, 1 Agustus 2018

Cegah Wasir Saat Hamil dengan Mengonsumsi Makanan di Bawah Ini

Sumber :

Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh seorang wanita ketika hamil. Karenanya, tidak heran jika muncul beberapa gangguan kesehatan, salah satunya wasir atau ambeien. Wasir adalah penyakit yang membuat ibu hamil tidak nyaman saat beraktivitas, khususnya ketika duduk. Apalagi ditambah dengan kondisi perut yang semakin membesar. Adanya perubahan hormonal selama kehamilan akan mengurangi kemampuan sistem pencernaan bekerja, sehingga mengakibatkan sembelit dan berujung wasir.

Tentu hal ini bukanlah suatu yang tidak bisa dihindari. Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasinya adalah dengan memperhatikan makanan yang harus dikonsumsi. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasan berikut ini!

  1. Jus Lobak
    Sayuran yang berfungsi mengatasi wasir pada ibu hamil adalah lobak. Mums bisa mengolahnya menjadi jus. Konsumsilah seperempat gelas setiap hari. Untuk pemula, sebaiknya konsumsi sedikit dulu, tetapi berkelanjutan, untuk mencegah wasir datang kembali.
  2. Brokoli
    Sayuran hijau seperti brokoli memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Dari 100 gr brokoli, terkandung serat 0,9 gr. Selain mengandung banyak serat, brokoli memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh ibu hamil.
  3. Kacang-kacangan
    Selain buah dan sayur, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, dan kacang polong) juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Jadi, ini sangat bagus untuk melancarkan pencernaan pada ibu hamil.
  4. Pepaya
    Buah yang menjadi favorit masyarakat ini dipercaya dapat menyembuhkan sembelit dan wasir. Buah pepaya memiliki kandungan zat papain, yang bagus untuk metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itu, buah ini sangat bagus untuk mengatasi sembelit, mengoptimalkan kerja sistem pencernaan, dan melancarkan BAB.
  5. Pisang
    Selain pepaya, ada buah yang juga bagus untuk sistem pencernaan, yaitu pisang. Dalam buah pisang terdapat banyak serat yang dapat memperlancar fungsi pencernaan dan usus besar, serta untuk menyerap air. Untuk kasus wasir, pisang kukus sangat tepat untuk dikonsumsi setiap pagi dan malam hari.
  6. Bawang Putih
    Bawang putih merupakan bahan makanan yang juga baik untuk melancarkan pencernaan. Bawang putih mengandung zat allicin, yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus. Selain itu, bawang putih juga mengandung antibiotik dan antioksidan, serta mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

Nah, itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat mencegah dan mengatasi wasir. Selain mengonsumsi makanan di atas, ibu hamil juga harus menghindari makanan pedas, asam, dan panas, makanan yang mengandung lemak dan garam tinggi, serta makanan yang tidak berserat.


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Non-exercise Activity Thermogenesis, Solusi Bagi Anda Pekerja Kantoran

  • Benarkah Laut Kita Sudah Menjadi Karsinogenik?

  • Zat Gizi yang penting untuk Ibu Hamil

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan