Tips Kesehatan

Kamis, 3 Januari 2019

Bromidrofobia; Fobia Unik yang Mungkin Baru Kamu Ketahui

Sumber : WebMD, Health Magazine, MedicalNewsToday, PsychologyToday,

Bau badan memang dapat membuat kita kurang percaya diri. Namun, bau badan masih bisa diatasi dengan rajin mandi dan bersih-bersih. Lalu, bagaimana ya kalau kita sering merasa takut dengan bau badan sendiri? Nah, kalau rasa takutmu sudah berlebihan, jangan-jangan Kamu mengalami bromidrofobia atau takut bau badan berlebihan. Sudah tahu belum? Kalau belum, yuk kita cari tahu Bersama!

Bromidrofobia adalah salah satu fobia unik yang ternyata dialami oleh banyak orang. Dr. Katharine Phillips dari Rhode Island Hospital, Providence, mengungkapkan bahwa sebanyak 85% orang merasa mereka mengeluarkan bau busuk yang mengganggu orang lain, walaupun sebenarnya tidak.

Orang yang mengalami bromidrofobia biasanya akan sering membersihkan tubuh, misalnya mandi, untuk mencegah bau badan. Hal ini karena mereka sangat takut dan cemas akan dikucilkan oleh orang-orang di sekitarnya akibat bau badan. Dalam kasus yang cukup parah, orang-orang yang mengalami bromidrofobia bahkan melukai tubuh mereka sendiri karena menggosok badan secara berlebihan saat mandi agar bau badannya hilang.

Maka dari itu orang yang mengalami fobia ini cenderung menjalani kebiasaan hidup bersih yang berlebihan. Para ahli pun menduga orang-orang yang takut akan bau badan mengalami gangguan obsesif-kompulsif atau OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Jika dikaitkan dengan OCD, seseorang bisa mengalami refleks dan terpaksa melakukan bersih-bersih secara berlebihan untuk mewujudkan keinginannya.

Pada kasus bromidrofobia, mereka akan segera bersih-bersih begitu menyadari tubuh mereka menimbulkan bau yang tidak sedap. Tidak hanya takut pada bau badan sendiri, orang-orang dengan bromidrofobia juga takut terhadap bau badan orang lain. Mereka percaya bahwa aroma tubuh yang tidak sedap sangat mengganggu dan kotor.

Kebanyakan orang terbiasa membersihkan badan, seperti mandi, keramas, menyikat gigi, dan menggunakan deodoran atau parfum sebelum bepergian. Namun pada orang yang mengalami bromidrofobia, semua rutinitas tersebut dirasa tak cukup.

Orang yang terkena fobia bau badan akan melakukan bersih-bersih secara berlebihan sebelum meninggalkan rumah. Bahkan, mereka cenderung melakukan scrubbing yang berlebihan untuk merontokkan sel-sel kulit mati. Gejala bromidrofobia dapat berkembang semakin buruk jika tidak segera ditangani.

Akibat selalu ingin merasa bersih dan wangi, orang-orang dengan bromidrofobia cenderung tidak mau berolahraga atau melakukan aktivitas berat. Pasalnya, hal tersebut dapat memicu keringat. Mereka menolak pergi ke tempat yang tidak bersih dan wangi, terkena fobia sosial, dan takut terjebak di tempat umum hingga panik berlebihan (agrofobia).

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Orang-orang yang takut pada bau badan secara berlebihan cenderung tidak dapat mengendalikan rasa takutnya sendiri. Oleh karena itu, mereka harus segera berkonsultasi kepada psikolog ataupun ahli kesehatan mental lainnya, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Orang-orang dengan bromidrofobia akan dianjurkan untuk menjalani terapi kognitif dan perilaku (CBT) agar dapat kembali ke kebiasaan yang normal.

Nah, kalau Kamu sering merasa takut dengan bau badanmu sendiri hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan sungkan untuk segera berkonsultasi kepada para ahli ya

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • 8 Cara Efektif Menghindari Bau Mulut Selama Puasa

  • Hati-hati! Kurma Ternyata Ada yang Menggunakan Pemanis Buatan!

  • Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Komentar

0 komentar