Tips Kesehatan

Senin, 8 Januari 2018

Bekal Susu Kemanapun Anda Pergi Liburan

Sumber : travel.kompas.com, Livestrong

Siapa yang sudah bersiap-siap untuk pergi berliburan Natal dan Tahun baru?

Pasti sekarang banyak yang sedang sibuk mempersiapkan keperluan dan segala macam perlengkapan untuk berlibur. Selain perlengkapan seperti pakaian dan lainnya, kesehatan di saat menjelang hingga selesai liburan juga harus selalu dijaga lho.

Nah bagi yang ingin bepergian jauh, tempat yang baru mungkin bagi beberapa orang akan menyebabkan sulit mendapatkan tidur nyenyak karena tubuh terlalu letih.

Tenang saja apabila Anda mengalami kondisi seperti itu. Jurusnya sederhana untuk membuat Anda tidur nyenyak, yakni meminum susu. Susu dapat membuat Anda pulas menyelami alam mimpi. Untuk diketahui, susu merupakan sumber kalsium, potasium, dan vitamin D.

Selain menyehatkan dan membuat tulang kuat, kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu juga dapat melancarkan tekanan darah. Hal itu membuat tubuh Anda dapat rileks setelah seharian penuh beraktivitas.

Susu juga kaya kandungan asam amino yang disebut tryptophan. Zat itu nantinya diolah tubuh menjadi serotonin dan melatonin. Serotonin dan melatonin adalah senyawa yang mampu memulihkan fungsi tubuh dan membuat seseorang dapat tidur nyenyak. Hasil riset oleh peneliti Universitas Sahmyook, Korea Selatan, yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food (2015) menguatkan korelasi positif kandungan susu terhadap tidur nyenyak.

Segelas susu hangat sebelum tidur bisa berkontribusi dalam berbagai faktor untuk membuat seseorang jadi mengantuk. Manfaat dari susu di malam hari ini melibatkan faktor psikologis dan juga fisiologis.

Secara teori para ahli berspekulasi bahwa triptofan yang terkandung dalam susu bisa membuat seseorang menjadi ngantuk akibat melatonin yang dilepaskan. Para ahli lainnya menuturkan bahwa rasa kantuk yang dihasilkan dari segelas susu hangat lebih terkait pada efek psikologis. Susu identik dengan seorang ibu, kebanyakan orang akan mengingat pengalaman yang menyenangkan mengenai ibu kita.

Perasaan nyaman dan kenangan yang ada ini bisa menginduksi bahan kimia di otak yang membentuk sensasi relaksasi serta rasa sejahtera yang memicu kantuk. Bahan kimia ini adalah serotonin yang terkait dengan tidur.

For your information, selain membuat tidur lebih nyenyak, meminum susu saat malam hari bisa pula memberi dampak positif lainnya. Salah satunya adalah mengurangi kebiasaan makan tengah malam. Rasa lapar acap kali membuat seseorang terbangun dan sulit tidur nyenyak kembali. Karena itulah, minum susu dapat menjadi solusi atas perut keroncongan saat ingin tidur.

Jadi kemanapun Anda akan pergi berlibur, jangan lupa membawa bekal susu dan meminumnya sebelum Anda akan beristirahat di malam hari ya.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kurangi Natrium Mulai Hari Ini bila Tidak Mau Terkena 7 Penyakit Ini

  • Yuk Perhatikan Hal-hal Ini Ketika Merias Mata

  • Cara Berhenti Merokok yang Bisa Anda Coba di Tahun 2018

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan