Tips Kesehatan

Rabu, 3 Januari 2018

Apa yang Menyebabkan Seseorang Sering Terkena Flu?

Sumber : Kompashealth.com, Buku “You are what yout think”.

Sering bersin-bersin, pilek, pusing, demam, atau batuk-batuk adalah beberapa gejala flu. Flu memang penyakit yang mudah menular sehingga setiap orang tua dan muda mudah terkena kapan saja. Tapi bila Anda merasa diri Anda terlalu sering terkena flu, mungkin Anda patut curiga.

Jika Anda sering flu, kemungkinan ini penyebabnya:

  1. Cuaca dan iklim

Jika Anda sering flu, maka yang menjadi penyumbang terjadinya flu adalah cuaca dan iklim. Virus influenza akan menjadi lebih aktif jika ia berada di udara lembab, dingin, dan virus ini mampu bertahan lama di benda-benda yang sering bersentuhan dengan Anda seperti gagang pintu, keyboard komputer, dan lainnya.

Udara dingin mampu menyebabkan lapisan bagian dalam hidung menjadi kering, sebagai contohnya jika Anda lama di ruangan ber-AC(link artikel), pasti hidung terasa dingin dan kering bukan? Nah, karena udara dingin ini sangat disenangi oleh virus influenza, jadi ia akan sangat mudah menginfeksi seseorang hingga terjadilah flu.

Sebuah penelitian yang menguji hewan percobaan di Mount Sinai School of Medicine menunjukan bahwa influenza mampu menular ke manusia dalam suhu yang dingin. Sedangkan jika udara kering dengan kelembaban 20%, maka penyebaran infeksi influenza pun menurun.

Jadi, suhu udara yang dingin menyebabkan seseorang menjadi sering terserang flu. Jangan heran ketika pagi, musim hujan, atau musim dingin, banyak orang yang menderita flu. Termasuk Anda! Karena cuaca tidak bisa diajak kompromi, karena itu daya tahan Anda harus selalu tinggi. Rutin minum Tara Vitamin C-60 dan Happylink 600 Lyophilized Royal Jelly adalah solusi!

  1. Kebersihan diri atau lingkungan

Tidak bisa dipungkiri jika Anda sering flu, maka yang menjadi penyebabnya adalah kondisi kebersihan diri dan lingkungan. Flu tidak hanya dicetuskan oleh udara dingin, tapi juga disebabkan oleh debu, kotoran, dan lingkungan kurang bersih di rumah Anda.

Jadi cobalah untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, khususnya dari debu di rumah Anda karena rumah adalah tempat pertama yang bersinggungan dengan Anda.

  1. Perilaku sosial

Manusia adalah makhluk sosial dong pastinya, dan manusia pasti bersosialisasi dengan manusia yang lainnya. Kontak fisik dengan orang lain yang menderita flu melalui jabatan tangan, dan lain sebagainya adalah media penyebaran flu paling cepat dan mampu menularkan virus influenza kepada Anda tanpa Anda sadari. Karena itu rajin mencuci tangan dan mengganti pakaian Anda setelah dari luar adalah solusi paling jitu untuk menhindari terbawanya virus flu kepada Anda dan keluarga.

  1. Psikologi

Kebanyakannya, seseorang yang sering flu akan tertanam mindset bahwa ia akan sering flu. Tahukah Anda bahwa para pakar psikologi seperti Ibrahim Elfiki dalam bukunya Terapi Berpikir Positif mengatakan bahwa “You are what yout think”. Artinya segala sesuatu yang Anda pikirkan akan terjadi kepada Anda. Jika Anda sering berpikir bahwa jika bersinggungan dengan benda ini itu atau iklim ini itu, maka Anda akan terserang flu.

Jika keadaan ini terus ada di dalam mindset Anda, maka flu akan terus terjadi pada Anda. Cobalah selalu berpikiran positif mengenai apa yang ada di diri Anda, tanamkan bahwa Anda tidak mudah terkena flu dan flu tidak akan mudah menyerang Anda.

  1. Kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh adalah bagian yang vital bagi kita, kita akan terbebas dari penyakit jika kekebalan tubuh kita baik. Namun, kekebalan tubuh bisa menurun dalam berbagai kondisi tertentu. Jadi, penyakit flu akan sangat mudah terjadi pada seseorang yang mengalami penurunan kekebalan tubuh. Jadi, kekebalan tubuhlah yang menentukan apakah Anda akan sering flu atau tidak. Karena itu jangan malas minum Happylink 600 Lyophilized Royal Jelly yang selain meningkatkan stamina karena mengandung Vitamin A, B kompleks, C, D, dan E, juga dapat membantu meregenerasi sel karena kaya akan mineral dan amino penting bagi tubuh.

  1. Alergi

Alergi adalah kondisi dimana kekebalan tubuh seseorang menjadi sangat aktif. seseorang yang alergi pastinya akan menolak benda asing yang masuk ke dalam rongga hidung, meskipun itu tidak terlalu berbahaya bagi tubuh, tapi tubuh akan bereaksi dengan memberikan respon sakit agar kita cepat minum penangkalnya.

Kondisi sering flu memang membingungkan dan pastinya akan membuat rasa penasaran dan mencari kenapa jadi sering flu, karena itu bila memungkinkan hindari pencetus-pencetus flu di atas.

 


Share this Article:
Tips Kesehatan Terkait
  • Kurangi Natrium Mulai Hari Ini bila Tidak Mau Terkena 7 Penyakit Ini

  • Yuk Perhatikan Hal-hal Ini Ketika Merias Mata

  • Cara Berhenti Merokok yang Bisa Anda Coba di Tahun 2018

Komentar

0 komentar


Cari Tips Kesehatan